BELAJAR DAN BERMAIN

 BELAJAR LUAS DAN KELILING YANG MENYENANGKAN

Pembelajaran Matematika merupakan salah satu muatan dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. Pembelajaran matematika di sekolah dasar tidak hanya berorientasi pada penguasaan materi matematika saja, melainkan materi matematika diposisikan sebagai alat serta sarana bagi siswa dalam mencapai sebuah kompetensi. Pembelajaran Matematika pada dasarnya memiliki karakteristik yang abstrak, serta konsep dan prinsipnya yang berjenjang. Hal ini menyebabkan banyak siswa yang merasa kesulitan dalam belajar pembelajaran matematika. Keberhasilan pembelajaran matematika di sekolah dasar ditunjukkan oleh dikuasainya materi oleh siswa. Salah satu faktor keberhasilan dalam proses pembelajaran sehingga siswa mampu menguasi materi Matematika dengan baik, yaitu kemampuan guru untuk merencanakan serta melaksanakan pembelajaran.

Pembelajaran Matematika bagi siswa sekolah dasar kelas I, II, dan III diintegrasikan ke dalam tema-tema yang dipelajari. Namun untuk kelas tinggi yaitu kelas IV, V, dan VI materi Matematika dipisahkan dari buku materi tematik terpadu. Pemisahan materi Matematika pada buku tematik terpadu dilakukan karena jika tetap digabungkan, maka materi Matematika yang didapat siswa dirasa dangkal serta siswa tidak mendapatkan pemahaman konsep Matematika secara mendalam. Maka dari itu digunakan buku matematika secara terpisah bagi siswa kelas IV, V, dan VI.

Pembelajaran Matematika adalah suatu kegiatan belajar ilmu pengetahuan menggunakan nalar dan memiliki rencana terstruktur dengan melibatkan pikiran serta aktifitas dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah dan menyampaikan suatu informasi atau gagasan (Wandini dan Banurea, 2019). Menurut Solichin (2006) prinsip belajar matematika ada tiga. Pertama, yaitu perhatian dan motivasi sebagai pendorong aktivitas belajar peserta didik. Kedua, yaitu keaktifan sebagai sikap positif dan daya penggerak peserta didik untuk berinisiatif melakukan aktifitas belajar. Ketiga, yaitu perlu terlibat langsung dan berpengalaman supaya anak dapat membangun pengetahuannya sendiri melalui aktifitas yang ada. Pembelajaran matematika ada yang berkenaan dengan ide abstrak serta penggunaan simbol yang disusun secara hierarkis dan penalaran yang deduktif. Dalam pembelajaran matematika dituntut kegiatan mental yang relatif tinggi (Karso, 2014). Sebab itu peserta didik harus senantiasa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.

Dalam pembelajaran Matematika dengan materi kelilingi dan luas bangun datar pada siswa kelas VI. Untuk dapat memahami dan menanamkan konsep tentang keliling dan luas bangun datar. Terlebih dahulu, siswa dikenalkan dengan unsur – unsur berbagai macam bangun datar. Unsur bangun datar Dengan siswa membuat bermacam –macam bangun datar, dan menunjukkan unsur – unsur bangun datar. Siswa akan lebih mudah memahami tentang keliling dan luas bangun datar.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BELAJAR DAN BERMAIN

 BELAJAR LUAS DAN KELILING YANG MENYENANGKAN Pembelajaran Matematika merupakan salah satu muatan dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar...